Hudang Atuh

Waktu semakin cepat berlalu, seperti mobile lamborgini yang sedang melaju dengan kecepatan penuh. Mungkin inilah tanda-tanda akan berakhirnya kehidupan umat manusia. Di zaman yang serba teknologi ini, mempermudah manusia dalam menjalankan kahirupannya. Baheula mah, hayang dahar teh kudu masak heula na hau, tapi setelah melalui perubahan dan yang berfikir keras ke arah sana, seorang ilmuan menciptakan benda sebagai pengganti hau, yaitu kompor minyak. Tidak puas dengan kompor, maka di ciptakanlah kompor gas, cukup membutuhkan waktu lima belas menit, sangupun asak dan siap di dahar. Manusia masih belum cukup dengan kinerja kompor gas, maka di ciptakan lagi mejikom, cukup dicolokeun kana listrik, teu kudu lila nungguan, bari nonton tv ge teu karasa, sangu geus asak. Tah sakapeungmah aku juga ingin menciptakan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah di ciptakan oleh manusia, tapi naonnya?, mungkin namaku akan di kenang sepanjang masa oleh umat manusia, seperti halnya Thomas Alva Edison yang menciptakan lampu, walaupun sekarang jiwa dan raganya tidak dapat lagi dilihat, tapi namanya selalu dikenang sampai saaat ini karena berkat jasanya yang telah mengubah dunia dari gelap menjadi terang. 

Dulu sebelum ada pesan instan (sms), orang kalau mau memberi kabar atau ingin bertemu dengan sanak saudara atau sahabatnya, ia harus menemui orangnya. Tapi sekarangmah udah enggak, tinggal sms jelemana, bisa oge di bbm, urang pasti apal si eta keur naon, apal kabarna. Mengapa bisa demikian? karena manusia memiliki akal. Akal adalah alat yang dimiliki manusia untuk berfikir, Ketika manusia lapar ia pasti akan makan, moal mungkin hees, Ketika manusia tidak tahu dalam ketidaktahuannya, ia akan mencari jalan atau bertanya kepada seorang ilmuan, Ketika loba jelema anu nalongkrong, pasti lamun aya jelema liwat nyebut permisi atau punten kalo urang sunda mah, itu tandanya manusia yang berfikir. 

Dengan akalnya, manusia bisa menciptkan kapal, pesawat, telephone, mobil, motor, jeung sajabana. 

Ka jelema anu beuki sare ; hayu geura hudang, jangan sampai kita tertinggal waktu oleh orang lain. Gunakan lah waktu dengan bijak, jangan kau buang denga sesukamu, waktu adalah pedang, apabila kita tidak bisa mengaturnya, maka kita bisa mati dielan waktu. 

Anu masih sakola ; sing rajin belajarna, kudu jadi penerus bangsa ieu kahareupna, ulah loba bobogohan, ke we etamah gampang, jeung ulah loba ngabohong kanu jadi kolot sorangan.

Kanu profesi tukang ; Sing ikhlas damelna, mimitian ku ngadua ka Gusti urang sararea supaya di lancarkeun dina sagalana

Kanu Mahasiswa ; Lobakeun maca buku, ulah bbm-an wae jeung ngahadiran acara-acara tv anu teu bermutu. Urang teh sebagai generasi muda yang diciptakan untuk mengubah dunia, jajauheunlah dunia, negara urang heula we beresan, masih loba anu can balener mimpin nagari ieu. Domo adalah senjata kita, ketika jalan musyawarah tak lagi di gubris. 

Kanu nganggur : Berfikirlah, maka kau akan menghasilkan apa yang telah kau pikirkan, ah intinamah usaha jeung ikhtiar. Supaya sagala kayang urang di cumponan ku gusti, kayang anu teu ngalanggar maksudna.

#Ipank_Aparilian


1 Response to "Hudang Atuh"

PERHATIAN !
Terimakasih anda tidak berkomentar yang berunsur :

1. Sara/p**no
2. Pelecehan atau peninstaan terhadap ras dan agama
3. Link rusak
4. Spam

Bila ingin copy artikel mohon cantumkan link yang menghubungkan ke blog saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...