10 Dampak Pinjam Uang Online, Jangan Coba-coba Jika Tidak Ingin Seperti Ini

Akhir-akhir ini semakin marak aplikasi jasa pinjam uang online yang tersebar di internet. Aplikasi tersebut paling banyak kita temukan di google playstore. Mereka terus mempromosikan jasa pinjam uang melalui iklan-iklan yang disediakan google, facebook, instagram, web, dan lainnya. Tentu bila kita setiap hari disuguhkan iklan seperti itu, maka jika kita tidak kuat dan sedang dalam keadaan tidak mempunyai uang pasti akan tergoda untuk meminjam uang dari aplikasi tersebut.




Namun perlu kita ketahui, meminjam uang secara online sangatlah mempunyai resiko yang sangat besar. Selain bunganya yang sangat tinggi, cara penagihannya pun diluar dari tatakrama. Meskipun mereka mengaku telah mempunyai izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) tetap saja, banyak yang melabrak aturan yang telah ditetapkan OJK. 

Sebelum melakukan pinjaman uang online, kita harus memperhatikan dulu resiko yang akan terjadi jika tidak bisa membayarnya. Apalagi peminjam tidak mempunyai pekerjaan tetap dan tidak mempunyai penghasilan sama sekali, tentu resiko yang akan didapatkan sangatlah besar, dan mungkin akan berdampak buruk dalam kehidupannya. 

Mari kita simak Dampak Pinjam Uang Online yang akan berakibat fatal

1. Bunga Besar
Meminjam uang secara online tentu bunga yang ditetapkan oleh mereka begitu besar, jauh dari standar Bank Nasional yang telah terdaftar. Karena mereka ingin meraup keuntungan yang banyak dan untuk membayar karyawan serta Debt Collector. Rata-rata simulasinya seperti ini. Contoh Peminjam meminjam uang Rp 1.000.000 dengan durasi 14 hari maka jumlah yang harus dikembalikan pada saat jatuh tempo adalah Rp 1.200.000. Sangat ngeri sekali, bunganya Rp 200.000, bahkan ada beberapa aplikasi yang bunganya sangat tinggi. 

2. Ditagih dengan cara yang tidak sopan
Kita harus siap jika sudan tanda tangan kontrak dengan peminjam uang online ditagih dengan cara yang kasar dan jauh dari kata sopan. Apabila sudah lewat jatuh tempo pembayaran, maka siap-siap untuk dimarahi dan dibentak-bentak. Kata-kata kasar akan keluar dari mulut mereka kepada peminjam yang tidak bisa membayar pada saat jatuh tempo. Anda akan terus dihantui rasa gelisah dan tidak tenang.

Baca : Mengenal Wisata Curug Layung Bandung

3. Save Semua kontak telepon
Aplikasi mereka begitu canggih, pada saat kita menginstal aplikasinya kita harus menyetujui memberikan semua kontak telepon yang tersimpan di hp anda kepada peminjam online. Dan semua data kontak pun tersadap. Jika kita menolak memberikan kontak telepon, otomatis kita tidak bisa meminjam uang.

4. Menyebarkan Data
Resiko selanjutnya ialah jika kita tidak bisa membayar pada saat jatuh tempo data kita akan disebar kepada seluruh kontak telepon yang tersimpan. Meraka tidak peduli siapa kamu, poto kamu disebar sebagai buronan. Mereka menyebarkannya bisa melalui sms, WhatsApp, Facebook, BBM, dan lainnya. 

5. Dijauhi saudara, keluarga, teman atau rekan kerja
Karena kamu tidak bisa membayar, maka mereka akan menagih kepada teman anda yang sering dihubungi, baik itu melalui sms ataupun WhatsApp. Tentu teman anda akan kesal dan pusing, jika ditagih terus, padahal yang pinjam uang adalah anda, bukan teman anda. 

6. Di Blacklist Bank
Nama anda di bank akan tercoreng, tidak bisa meminjam lagi uang selama hutang anda di aplikasi pinjam uang belum lunas. Dan untuk memulihkan nama anda kembali membutuhkan waktu 6 bulan agar bisa meminjam lagi sesuai aturan yang telah ditetapkan OJK. Itupun jika anda sudah membayar lunas semua hutang anda. 

7. Gali lobang tutup lobang
Jika sudah terlanjur meminjam uang di aplikasi pinjam uang online, anda akan pinjaman lagi ke aplikasi lainnya untuk menutupi hutang anda di aplikasi pertama. Dan akan terus seperti itu jika tidak diselesaikan. Hutang semakin besar beserta bunganya. 

8. Dipecat dari pekerjaan
Resiko tidak bisa membayar hutang kepada aplikasi bisa saja berdampak pada pekerjaan anda. Salah satu nya dipecat oleh atasan anda. Karena mereka sudah menyimpan semua data kontak yang telah anda berikan pada saat instalasi aplikasi. 

9. Frustasi
Kehidupan anda tidak akan tenang dan tidak bisa berfikir jernih, karena setiap hari ditagih oleh jasa peminjam online. Meskipun anda memblokir kontaknya tetap saja teman anda yang akan menagihnya kepada anda. 

10. Menyesal
Penyesalan selalu datang diakhir, itulah kebiasaan manusia ketika melakukan suatu kesalahan. Berfikir pendek ketika akan melakukan sesuatu yang penuh dengan resiko. 

Satu-satunya cara untuk menutupi hutang di aplikasi pinjam uang online adalah dengan cara membayar semuanya dan jangan meminjam lagi. Meminjamlah uang kepada saudara,keluarga, atau teman terdekat anda untuk menutupi semuanya. Ceritakanlah yang terjadi sesunggunya agar mereka merasa kasihan dan ingin menolong anda. 




0 Response to "10 Dampak Pinjam Uang Online, Jangan Coba-coba Jika Tidak Ingin Seperti Ini"

Post a Comment

PERHATIAN !
Terimakasih anda tidak berkomentar yang berunsur :

1. Sara/p**no
2. Pelecehan atau peninstaan terhadap ras dan agama
3. Link rusak
4. Spam

Bila ingin copy artikel mohon cantumkan link yang menghubungkan ke blog saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...