Mudik dan Pulang Kampung, Lalu Apa Bedanya?


Istilah mudik dan pulang kampung kembali menyeruak ke seluruh publik, setelah Najwa Shihab mengupload video pertemuannya dengan Presiden Jokowi di istana negara melalu kanal youtube nya 23 April 2020. Mbak Nana melayangkan pertanyaan bahwa dirinya menghawatirkan terkait sudah banyak nya masyarakat yang mudik ke kampung halaman nya yang sudah mencapai angka 900 ribu lebih. Kemudian Presiden Jokowi menjelaskan bahwa sebenarnya itu bukan lah mudik, melainkan meraka pulang kampung dikarenakan sudah tidak mempunyai pekerjaan di kota, dan sama sekali tidak ada pemasukan. Jadi itu dibolehkan, sebab jika dilarang mereka akan lebih sulit bertahan dengan status sebagai seorang pengangguran. Itu pun mereka yang pulang kampung, harus melakukan isolasi mandiri sesuai prosedur aturan yang berlaku dari pemerintah. Kemudian Najwa Shihab melayangkan pertanyaan dengan wajah agak bingung dengan istilah mudik dan pulang kampung sembari tersenyum, jadi apa bedanya pak antara mudik dan pulang kampung?",  ya kalau mudik itu dihari lebarannya, sedangkan pulang kampung meraka yang sudah tidak bekerja karena sudah tidak mempunyai pekerjaan lagi di kota. 

Video itu pun menjadi viral di berbagi sosial media maupun berita online terutama Facebook dan Instagram. Netizen sebagai pengguna internet ikut berkomentar terkait perbedaan istilah antara mudik dan pulang kampung. Ada yang menanggapi nya dengan serius, ada juga yang biasa saja menanggapi istilah tersebut. Lalu apa jawaban yang benar terkait perbedaan antara Mudik dan Pulang Kampung ? 

Menurut keterangan Kbbi Mudik adalah (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman): dari Palembang -- sampai ke Sakayu; 2 cak pulang ke kampung halaman: seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yang --;-- menyongsong arus, hilir menyongsong pasang, pb tentang usaha yang mendapat rintangan dari kiri dan kanan namun diteruskan juga; belum tentu hilir -- nya, pb belum tentu keputusan atau kesudahan suatu hal atau perkara; kokoh, baik dalam soal yang kecil-kecil maupun dalam soal yang besar-besar; ke -- tentu hulunya, ke hilir tentu muaranya, pb suatu maksud atau niat hendaklah tentu wujud atau tujuannya. Sedangkan Pulang Kampung adalah kembali ke kampung halaman; mudik. KBBI mencontohkan dengan kalimat "dia -- kampung setelah tidak lagi bekerja di kota."

Jadi sudah sangat jelas yah perbedaan antara mudik dan pulang kampung. Sederhana nya seperti ini, " mudik mereka yang mempunyai pekerjaan tetap di kota dan sudah berstatus warga kota pulang ke kampung halamannya sebelum lebaran untuk berkumpul bersama sanak keluarganya di kampung, kemudian setelah hari kerja akan masuk mereka berangkat lagi ke kota dimana ia tinggal dan bekerja. Sedangkan pulang kampung mereka yang sudah tidak lagi bekerja dikota, di PHK perusahaan dan atau mahasiswa pulang ke kampung halamannya yang merupakan tempat tinggal mereka yang sudah permanen.



0 Response to "Mudik dan Pulang Kampung, Lalu Apa Bedanya?"

Post a Comment

PERHATIAN !
Terimakasih anda tidak berkomentar yang berunsur :

1. Sara/p**no
2. Pelecehan atau peninstaan terhadap ras dan agama
3. Link rusak
4. Spam

Bila ingin copy artikel mohon cantumkan link yang menghubungkan ke blog saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...