6 Kebiasaan Mahasiswa yang Masih Melegenda

No Comments
Mahasiswa adalah pelajar yang sedang menuntut ilmu di suatu Perguruan Tinggi, atau yang lebih populer Universitas. Ada tri darma darma dalam perguruan tinggi, pertama Pendidikan kedua Penelitian, dan yang ke tiga Pengabdian. Yuk simak penjelasannya di bawah ini :


1. Begadang



Sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa melakukan salah satu rutinitas ini, baik mahasiswa baru maupun mahasiswa tingkat akhir. Banyaknya tugas yang di berikan dosen kepada mahasiswa membuat mereka mau tidak mau harus tidur sampai larut malam. Ada juga yang masih melakukan aktivitas organisasi yang harus mereka ikuti hingga larut malam. Untuk mereka yang sudah mencapai puncak semester akhir, kadang mereka masih terjaga dari malamnya, karena harus mengerjakan skripsi yang menjadi tugas pokok akhir yang wajib di selesaikan. Namun kebiasaan ini jika terus terulang maka akan membawa dampak buruk bagi mahasiswa, seperti kesehatannya akan memburuk, bangunnya akan kesiangan, pikiran menjadi bercabang, dan masih banyak dampak buruknya. Begadang lah jika itu memang penting yang tidak bisa di tinggalkan, jangan sampai menjadi kebiasaan, karena tidak baik juga bagi kesehatan. 


2. Demo/Aksi



Demo adalah makanan sehari-hari mahasiswa organisatoris. Mereka bukan tidak mempunyai alasan untuk melakukan hal ini, adanya kejanggalan yang terdapat di birokrasi kampus membuat mereka harus turun tangan untuk menegakan keadilan di kampusnya dengan melakukan suatu jalan pintas, yaitu aksi. Tapi sangat di sayangkan apabila mahasiswa lebih memilih demo dari pada mengikuti jam perkuliahan yang semestinya tidak boleh di tinggalkan. Maka alhasil di akhir semseter tidak sedikit dari mereka nilai nya jeblog dan harus mengulang di semester berikutnya atau memperbaikinya dengan cara sp (semester pendek). Domo di kampus sah-sah saja apabila demonya dapat membawa perubahan di kampusnya, tidak meninggalkan jam kuliah yang menjadi kewajibannya, dan juga transparan ketika demo telah usai, maksudnya adalah tidak ada kepentingan individual di dalam demo itu,  sehingga yang di untungkan adalah mereka yang melakukan rencana di balik layar. 


3. Mentraktir Sesama Teman




Tidak asing lagi bagi mahasiswa saling traktir sesama temannya, apalagi pas gajian bulan pertama dari sang papah, temannya yang mendengar percakan di telepon dengan papanya langsung sontak gembira mendengar kabar itu, katanya untuk uang dengar, ya alhasil, terpaka deh harus mentraktir karena takut di cap sebagai mahasiswa pelit. Mentraktir ketika kita ada uang lebih suatu hal wajar di kalangan mahasiswa, karena sebagai manusia kita harus saling memberi dan menolong. Tapi jika memang tidak ada jangan memaksakan, bisa-bisa uang kita yang dikirim dari papah untuk sebulan udah habis sebelum waktunya, kan kita juga yang stres. 


4. Meminjam Uang



Saya yakin di antara kalian yang pernah ngerasain sebagai mahasiswa pasti pernah meminjam uang kepada temannya, apalagi mereka mahasiswa yang jika di lihat status ekonominya kelas menengah ke bawah. Tipe-tipe mahasiswa itu sangat beragam latar belakangnya, ada yang mampu ada juga yang tidak mampu. Sebagai mahasiswa pintar-pintarlah memanfaatkan waktu dan situasi, misalnya sambil berjualan online di situs-situs ternama yang menyediakan ruang untuk berjualan, menulis artikel di situs-situs penghasil uang, atau juga menjadi guru privat les siswa, kan lumayan, selain medapatkan pengalaman, kita juga mendapatkan rupiah dari hasil kerja keras kita. Asalkan jangan mengganggu aktivitas kuliah saja, so banyak kok dari mereka yang sukses.  


5. Menyontek Pas Uas




Ada ada saja kelakuan mahasiswa pas lagi menghadapi ujian akhir semester, karena kurangnya pengetahuan dan minimnya membaca, membuat mereka melakukan suatu kecurangan saat mengisi soal materi dengan cara mencontek. Pas pengawas sedang lengah mereka memanfaatkan moment untuk mencontek dari salinan yang sudah di siapkan semalam, atau memanfaatkan smartpone mereka untuk mencari jawaban. Tapi tidak semua mahasiswa seperti itu, banyak juga kok yang percaya diri mengisi soal dengan jujur tanpa mencontek. So, kamu sebagai mahasiswa termasuk kategori yang mana?. 


6. Uniko (Usaha Nipu Kolot/Orang tua)




Kebiasaan buruk ini sudah turun temurun yang masih di lakukan oleh para mahasiswa. Banyak cara yang di lakukan untuk mendapatkan uang dari orang tuanya dengan cara uniko, salah satunya meminta uang untuk keperluan membeli buku, padahal uangnya tidak di belikan pada buku, melainkan untuk jajan dan jalan-jalan, Meminta uang untuk keperluan study banding ke universitas lain, padahal uangnya untuk membayar hutang kepada teman-temannya. Sungguh ironis, orang tua di rumah kerja pagi pulang malam hanya untuk memperjuangkan anaknya agar menjadi sarjana tapi oleh anaknya di sia-siakan begitu saja. Jika kalaian masih melakukan hal ini, hentikanlah dari sekarang, jika tidak mau menyesal di kemudian hari.

Itulah 6 kebiasaan mahasiswa yang masih masih melegenda berdasarkan pengalaman saya sewaktu masih menjadi mahasiswa, tapi tidak semua mahasiswa mempunyai kebiasaan buruk seperti yang di atas, ada juga mahasiswa yang rajin dan kokoh pada pendirian dan prinsipnya. So ambil yang baik, dan buang yang buruk. Semoga artikelnya bermanfaat. Salam Mahasiswa. 


Aku dan Kamu Iraha Jadian

No Comments
Di usiaku yang terbilang masih muda, sangat wajarlah bila pemikiran dan hatinya masih labil, tidak berpendirian tetap, juga mudah goyah. Apalagi kalau membahas tentang cinta, takan pernah selesai deh. Siapa sih manusia di dunia ini yang tak punya cinta?, bohong jawabannya bila "aku tak punya cinta", semua orang tentunya memiliki rasa cinta. iya gak guys?. 

Menurut beberapa pakar cinta yang pernah saya dengar, bahwa Cinta adalah suatu rasa yang melekat dalam hati seorang manusia terhadap sesuatu yang ia rasakan, getaran cinta mampu membutakan pandangannya. Ngarti teu?, kieu we atuhlah, cinta teh nyaeta urang boga perasaan resep anu nyebabkeun diri urang teu bisa lepas, urang jadi pasrah, sagala nanaon ge pasti dilakonan kalo udah di rasuki rasa cintamah. Lamun teu ngarti keneh, artikeun we ku sorangan, sakitu ge nang hese urang ngartikeuna, da mengolah suatu kata menjadi kalimat yang enak di dengar dan di baca oleh orang lain teh gak segampang yang lu kira guys, butuh pemikiran yang jenius dan terlatih.

Jika hujan tiba, sakapeungmah aku ingin update status bbm "aku kehujanan" biar semua orang tau kalo aku membutuhkan perlindungan, tapi da kumaha atuh ari paket kuotana gak ada an mah, hanya bisa cicing. Di usiaku yang terbilang masih muda, sering aku galau, sakapeungmah ceurik dikosan, ningali batur huhujanan jeung kabogohna, ari aku arek huhujanan jeung saha? jeung tukang parkir?, emmm begini kalo can laku ka awewe teh, sok gak ada temen curhat. Paling bisa tulas tulis dina kertas atawa dina blog.

Sebenarnya, banyak sih cewe yang dekat sama aku, cuma gak ada satupun yang nyantok. Ujung-ujungnya berhenti di sisi jalan. Pernah suatu waktu aku ngajak cewe jalan, pas sudah beres aku anter dia pulang, sebelum pamitan aku teh ngomong kieu " ada sesuatu hal yang aku ingin katakan kepadamu", kata dia teh kieu di jawabna "tar aja, aduh aku kebelet pengen pipis", kata diateh kieu " aduh tar aja we, pintu gerbang kosan aku keburu di kunci sama ibu kosan ", kata dia teh kieu " aku sudah tau, tak perlu kamu katakan", hey aku teh hayang ngomong ka salira "kalo gua teh bogoh ka anjeun", plis guy ngertiin gua yang selalu perhitian sama elo, yang selalu maturin kamu ketika kamu kesepian, yang selalu ada untukmu ketika kamu butuh temen curhat, butuh we atuh kasih sayang dari seorang perempuan teh. 

Aku dan kamu iraha jadian, enya irah rek jadiana?. Asa geus ti baheula wauh jeung salira teh, asa geus tibaheula mengarungi samudera ini teh denganmu, tapi asa kieu-kieu wae, gak ada kemajuan. Ngomongnya teh, kita selamanya sahabatan, aku ingin kamu selalu ada di saat aku butuh perhatian, aku teh bukannya embung, aku hanya ingin kita ituh jadian, lamun teu ngartimah terikat dengan cinta, bukan terikat dengan tali rapia, komo tali sapatumah, teu hayang. 

Udah we lah kalo gini mah judulnya di rubah aja, aku dan kamu the end. Da sudah jarang komunikasi lagi, karena kamunya mungkin geus boga kabogoh. 

The End

#SundaIndo


Cara Membuat Scrool Blog Archive Pada Blogger

No Comments
Waktu pertama nge-blog sih emang belum banyak tau tentang apa itu yang namanya widget, apa yang namanya html, apa yang namanya seo, dan apa-apa yang lainnya. Seperti halnya saya sempat putus asa karna terlalu rumit. Sesuai dengan judul, mari kita  tuntaskan :




1. Login Blog
Setelah login berangkat ke menu dasbhoard dan cari tulisan Layout/Tataletak

2. Add Gadget
Add Gadget Blog Archive (apabila belum ditambahkan), kalau yang sudah tidak usah di tambahkan lagi

3. Edit Html
Masih di halam dasbhoar, cari tulisan Template dan edit html

4. Masukan kode
Langkah selanjutnya yaitu memasukan kode, tekan Ctrl+F untuk memudahkan dalam pencarian, setelah beres masukan tulisan ini ]]></b:skin> dan pastekan kode dibawah ini tepat di atasnya :

#BlogArchive1 .widget-content{
height:250px;
width:auto;
overflow:auto;
}
Nb : angka yang warna merah bisa di rubah dengan angka sesuai yang di inginkan sobat, misalnya dengan angka 300

5. Simpan
dan lihat hasilnya 

Semoga berhasil

Cara Membuat Scrool Popularpost Pada Blog

No Comments

Tidak kebayang kan apabila menambahkan widget Popularpost pada blog yang menampilkan 10 entri, belum lagi beserta gambarnya, akan menghabiskan lapak pada halaman beranda blog sobat. Nah disini saya akan memberikan tutorial supaya widget popularpost sobat tidak menghabiskan lapak pada beranda blog sobat dengan menggunakan scrool. Simak Tutorial di bawah ini :






1. Login Blog
Setelah login, pergi ke Dasbhoard, disana akan menemukan tulisan Tataletak/Layout

2. Add gadget
Langkah selanjutnya tambahkan gadget Popularpost (apabila widget ini belum di tambahkan)

3. Edit Html
Sekarang kita edit melalui menu html, cari tulisan template dihalam dasbhoard sobat, maka disana akan menemukan tulisan edit html

4. Masukan Kode
Langkah selanjutnya yaitu tekan CTRL+F untuk memudahkan pencarian tulisan ]]></b:skin> dan masukan kode dibawah ini : sebelum tulisan ]]></b:skin>

#PopularPosts1 .widget-content{
height:250px;overflow:auto;}
Nb : pada angka yang berwarna merah bisa di ganti sesuai keinginan sobat, misalnya di ganti menjadi 300

5. Simpan
Lihat hasilnya 


Semoga berhasil

Cara Melihat Seluruh Postingan Artikel Blog Kita di Mesin Pencari Google

No Comments
Malam ini saya akan memberikan sebuah tips lagi buat sobat yang belum tahu tentang Cara Melihat Seluruh Postingan Artikel Blog Kita di Mesin Pencari Google. 

Pertama : Sobat masuk pada halaman pencarian Google 




Kedua : Masukan Url Blog sobat, kemudian tekan enter 























Maka hasilnya akan menjadi seperti ini :

1. Gambar (1)















2. Gambar (2)











































Posted By Ipank Aprilian











Cara Membuat Sitemap Keren Pada Blog

No Comments
Pada kesempatan sore ini saya akan memberikan tips dan trik Cara Membuat Sitemap Keren Pada Blog, Apa Keuntunganna buat kita?, Sitemap blog jadi terlihat menarik, semakin betah dipandang, karena tampilannya tersusun rapi.

Baiklah kita langsung saja praktek :

1. Sobat login blogger

Masuk pada Halaman blog sobat (lihat Gambar di bawah) :



2. Edit Html

Setelah sobat masuk pada sebuah laman, maka sobat isi dulu judul lamannya dengan judul "Sitemap", atau sesuai dengan keinginan sobat, selanjutnya di dalam postingan laman tersebut sobat akan melihat tulisan compose dan html, maka sobat pilih metode html

3. Masukan Kode

Sesi terakhir yaitu memasukan code agar Sitemap blog sobat menjadi lebih menarik dan keren

kodenya ini :

"<style type="text/css">
#toc{
width:99%;
margin:5px auto;
border:1px solid #2D96DF;
-webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
-moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
}
.labl{
color:#FF5F00;
font-weight:bold;
margin:0 -5px;
padding:1px 0 2px 11px;
background:-moz-linear-gradient(right,#C2EAFE 0%,#055A85 40%);
background:-webkit-gradient(linear,left 10,right 80,color-stop(0.20,#055A85),color-stop(1,#C2EAFE));
border:1px solid #2D96DF;
border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;
-webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;
-moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;
}
.labl a{
color:#fff;
}
.labl:first-letter{t
ext-transform:uppercase;
}
.new{
color:#FF5F00;
font-weight:bold;
font-style:italic;
}
.postname{
font-weight:normal;
background:-moz-linear-gradient(right,#C2EAFE 0%,#fff 40%);
background:-webkit-gradient(linear,center 60,right 10,color-stop(0.60,#fff),color-stop(1,#C2EAFE));
}
.postname li{
border-bottom: #ddd 1px dotted;
margin-right:5px
}
</style>

<br />
<div id="toc">
<script src="https://googledrive.com/host/0ByNodV_m9cVLR0pmWFgwZ1NmdW8/" type="text/javascript"></script>
<script src="http://ipank-aprilian.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script></div> "

Catatan : Pada tulisan yang berwarna merah ganti dengan alamat blog sobat.

4. Publikasikan

Dan lihat hasilnya setelah sobat mempublikasikan halamn sitemap yang keren.

Hasilnya akan seperti ini (lihat gambar) :




Semoga berhasil, dan jangan lupa meninggalkan komentar di kolom yang telah disediakan.


Posted By Ipank Aprilian






Saya Jatuh Cinta Sama Indri Lidiawati

1 comment
Saya Jatuh Cinta Sama Indri Lidiawati - Iya saya begitu cinta kepadanya, tapi perlu di pahami perasaan cinta saya pada Indri Lidiawati bukan pada orangnya, tetapi pada setiap tulisan di Blognya, yaitu juragancipir.com. Para Blogger tentunya sudah tidak asing lagi dengan namanya, perempuan asal kota Malang itu sukses kiprahnya di dunia blog dan banyak menginspirasi para blogger pemula untuk belajar tutorial blog, seo, internet, dan sesuatu yang berhubungan dengan blogging. Tulisannya mudah di pahami untuk kita yang baru mulai mengenal dunia blog, mampu menghipnotis para pembaca melalui setiap tulisan pada bloggnya, serasa ingin terus membaca artikel-artikel terbaru dari beliau. Tahun 2009 adalah tahun sejarah baginya, dan mungkin takan pernah bisa untuk dilupakan, karena pada tahun itu beliau mulai aktif di dunia blog, masih dalam tahap pemula, belum tahu banyak seputar tentang bloging, internet, seo, dan yang lainnya. Cape tak lagi dirasa, niatnya begitu besar untuk menjadi seorang blogger yang sukses, hingga pada akhirnya ia memetik kesuksesan dari hasil keringatnya di dunia blog. Sungguh luar biasa, ia tak henti-hentinya mencari dan mencari sesuatu yang belum dipelajarinya, menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer, juga banyak mengeluarkan uang untuk tetap bisa belajar nge-blog dan tetap bisa menulis artikel di blog. 

Entah kenapa, setiap saya login di internet, ingin rasanya jari ini mengetik alamat juragancipir.com di keyboard pencarian pada laptop saya. Inilah yang dinamakan kecanduan, kalau orang sudah kecanduan terhadap sesuatu hal, sangat sulit sekali untuk mengobatinya, dan kenapa harus pada saya?. Saya hanya bisa pasrah terhadap takdir, mungkin dibalik ini akan ada hikmahnya. Akibat dari kecanduan saya terhadap blognya mbak Indri Lidiawati, saya jadi banyak termotivasi oleh setiap tulisannya untuk tetap terus belajar dari ketidaktahuan dan harus tetap semangat dalam nge-blog. Bayangkan setiap harinya, blognya mbak Indri selalu ramai di kunjungi oleh para netter yang haus akan pengetahuan tentang belajar blog, ada juga yang nyasar ke blognya, hingga akhirnya ia ketagihan ingin terus mengunjugi blognya mbak Indri. Saya iseng-iseng mencari tahu page view setaip harinya pada alamat juragancipir.com, sangat mencengangkan, tidak kurang dari 50 rb pengunjung setiap 1x24 jam pada blognya.

Saya menjadi lebih semangat dalam nge-blog, setelah melihat kesuksesan dari mbak Indri. Secara tidak sadar ide-ide pun bermunculan untuk di jadikan sebuah artikel di blog saya. Saya yakin, saya juga pasti bisa sukses serti beliau, karena proses tidak akan menghianati hasil keringat kita yang tak henti-hentinya terus belajar. Ia bisa mencukupi kehidupanna dari hasil nge-blog. 

Demikianlah artikel tentang kecintaan saya terhadap mbak Indri lidiawati. Tanpa mengurangi rasa hormat, saya mohon maaf kepada mbak Indri apabila tulisan saya ini dapat menyayat hati mbak. 

Anda juga bisa langsung mengunjungi blognya di situs resmi mbak Indri Lidiawati untuk mengetahui banyak tentang dirinya dan semua tulisannya di juragancipir.com

Salam Blogger!!!

Posted By Ipank Aprilian